Closing Meeting Observasi Akreditasi Penjaminan Mutu Surveillance III Pada Pengadilan Agama Tuban
Oleh : Admin

Senin, 29 November 2021 bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Tuban dilaksanakan
kegiatan Closing Meeting Observasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM)
Surveillance III Pada Pengadilan Agama Tuban. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul
15.30 WIB s.d selesai. Hadir Pada Acara tersebut yaitu Rusmin Rapi, S.T., S.H.,
M.H., sebagai Lead Asesor, Drs. H. Hasan
Bisri, S.H., M.H. dan Dr. H. Ahmad Zaenal Fanani, S.H.I, M.Si. Sebagai
Pendamping Asesor dan Seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tuban.
Berperan Sebagai
MC yaitu Siti Sopiyah, S.Si., Terdapat beberapa rangkaian acara yang
disampaikan oleh Siti Sopiyah selaku MC saat membuka Acara. Rangkaian acara
pertama yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dengan Nurlailia
Isnawati, A.Md. yang bertindak sebagai dirigen. Selanjutnya adalah Pembacaan
Do’a yang dipimpin oleh Drs. Muntasir, M.H.P.
.jpeg)
Acara
dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Tuban Dra. Hj. Nur
Indah H. Nur, S.H. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Asesor
yang telah data ke PA Tuban. "Kami berharap, kami mampu untuk segera
menindaklanjuti apabila masih ditemukan kekurangan agar kami dapat mempertahakan
predikat A Excellent tahun ini ". Kata Nur Indah.
Kegiatan
selanjutnya yaitu beberapa kata pengantar yang disampaikan oleh Rusmin selaku Lead
Asesor. "Surveillance ke tiga ini merupakan kelanjutan dari proses
sebelumnya dimana kami telah melakukan pemeriksaan dokumen dan sekarang
dilanjutkan dengan observasi lokasi untuk memastikan apakah apa yang telah
tercatat dalam dokumen sudah sesuai dengan aslinya, dan juga penerapan 5R 5S
pada Pengadilan Agama". Kata Rusmin.
.jpeg)
"Seperti yang
dikatakan oleh Pak Dirjen, yaitu harus selalu mengingatkan ke setiap PA untuk
tetap menjaga integritas atau kesungguhan PA tersebut dalam menerapkan
APM"lanjutnya.

Hasan Bisri
selaku Asesor pendamping yang memeriksa bagian PTSP dan berkas perkara
menjelaskan hasil observasinya "Secara Keseluruhan, PTSP di PA Tuban ini sudah
bagus dan sudah sangat lengkap sarana prasarana yang tersedia walaupun dengan
kondisi PA yang masih terbatas", Kata Hasan.
"di PA Tuban
sudah terintegrasi PTSP, Posbakum, Pos dan Bank. Tapi, diharapkan untuk dikomunikasikan lagi dengan
pihak Posbakum, bank dan Pos mengenai id card, name table, dan seragam yang
digunakan serta ditingkatkan lagi penggunaan Gugatan Mandiri di PA Tuban.
Setidaknya harus 10?ri jumlah perkara masuk".Lanjut Hasan.
"Untuk Berkas,
saya ingatkan sekali lagi harap diperhatikan untuk BAS dan juga urutan berkas
Banding harap disesuaikan dengan daftar dari PTA Surabaya", imbuhnya.
Fanani selaku
Asesor Pendamping yang bertugas melakukan observasi tentang Dekorum Ruang
Sidang dan Implementasi Aplikasi Badilag
kemudian menjelaskan hasil observasinya.
.jpeg)
"Dekorum sudah
baik dan sudah sesuai, hanya tinggal ditingkatkan kualitas untuk sarprasnya, ventilasi udara untuk ruangan diperbanyak,
demikian juga dengan tempat sampah", Kata Fanani.
"Petunjuk arah pada tangga supaya orang tidak bingung " lanjut Fanani.
"Untuk Aplikasi
Badilag saya lihat sudah berjalan dengan lancar dan baik di PA Tuban. Serta untuk
Aplikasi yang merupakan Inovasi dari PA Tuban , mohon ini selalu dipantau
penggunaannya, Aplikasi tidak hanya dijadikan sebagai pajangan", imbuhnya.
Rusmin mengakhiri
pemaparan hasil observasi dengan menyampaikan kesimpulan dan beberapa masukan lainnya diantaranya
adalah mengenai Kontrak Kinerja dan Penunjuk Arah dari Pintu masuk.
.jpeg)
Wakil Ketua PA
Tuban, Drs. Ahmad Juaeni, M.H. memberikan tanggapan terhadap pemaparan hasil
observasi selaku Ketua APM PA Tuban. "Terima kasih kepada para asesor, kami
akan segera menindaklanjuti hal-hal yang masih ada kekurangannya dan tadi pagi
baru juga saya ingatkan lagi saat Apel kepada seluruh pegawai untuk selalu menerapkan
5R dan 5S sesuai dengan urutan yang
tepat", kata Ahmad.
"Dan Untuk
Format Bas juga akan kami lihat dan pelajari lagi serta Aplikasi juga akan kami
pantau lagi penggunaan dan kecepatan respon adminnya".

.jpeg)
Acara diakhiri
dengan Foto Bersama Pegawai PA Tuban dan para Asesor. Acara berlangsung dengan
tertib dan aman.